PNS Inspiratif 2020

Dalam rangka seleksi PNS Inspiratif 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB, mimin mau sedikit berbagi kisah inspiratif.

Dimulai akhir tahun 2016 ketika BLK Lembang baru berusia 1 tahun salah satu pegawai Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang mencoba mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk diterapkan dibidang pertanian, terciptalah sistem kendali untuk penyiraman dan nutrisi tanaman yang disingkat “Si Kendit” yang dahulu disebut sistem smart farming.

Setelah diterapkan di lahan demplot BLK Lembang, pada tahun 2019 “Si Kendit” diperkenalkan melalui pelatihan kepada masyarakat di dua desa di Kabupaten Bandung Barat, dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa.
Selaku instruktur, sosok ini selalu memotivasi dan giat melatih, khususnya generasi muda, agar mau bertani, dengan mengenalkan teknologi pertanian berbasis internet of things (IoT).
Sampai akhirnya terbentuklah kelompok tani di kedua desa, Sinar Hati 1 dan Sinar Hati 2, dengan komoditas utamanya tanaman cabe.

Melihat keberhasilan 2 (dua) kelompok tani tersebut, pada tahun 2020 awal dilakukan sosialisasi “Si Kendit” di 44 (empat puluh empat) desa wilayah Kabupaten Bandung Barat yang difasilitasi oleh BLK Lembang.

Ternyata inovasinya tidak sampai disitu, selain “Si Kendit” atau Smart Farming, dia juga mengembangkan inovasi otomatisasi untuk pencampuran nutrisi hidroponik melalui sistem yang diberi nama “Smart Nutrients” dan juga sistem pengelolaan pakan ikan kendali jarak jauh atau disebut “Smart Feeder”.

Siapakah dia?

Dia adalah Iwan Hermawan, instruktur kejuruan mekanisasi pertanian pada Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang.

Ayo dukung Iwan Hermawan sebagai PNS Inspiratif 2020 karena kegigihannya menciptakan inovasi untuk meningkatkan produktivitas petani dan senantiasa mengajak generasi muda mau terjun di sektor pertanian.

Salam Inovasi

#AnugerahASN2020
#PNSInspiratif2020

Silahkan bagikan ke :