Penanganan Hasil Panen Tanaman Edamame

Penangan hasil panen (pascapanen) merupakan kegiatan lanjutan setelah kegiatan pemanenan. Secara umum penanganan hasil panen dalam pertanian bisa berupa ; pengeringan, pendinginan, pembersihan, penyortiran, penyimpanan, dan pengemasan. Penanganan hasil panen merupakan kegiatan pengelolaan kualitas produk setelah dilakukan pemanenan. Kegiatan ini dilakukan bukan untuk meningkatkan kualitas produk, melainkan mempertahankan kualitas produk sebelum sampai ke pasar atau konsumen. Kegiatan pasca panen penting ntuk dilakukan karena hasil panen yang sudah terpisah dari tumbuhan akan mengalami perubahan secara fisik dan kimiawi dan cenderung menuju proses pembusukan.

Salah satu kegiatan pasca panen adalah sortasi. Sortasi adalah proses memilah produk yang sesuai dengan kriteria yang dinginkan. Adapun pada sortasi kacang edamame, kriteria yang harus dipenuhi adalah :

  1. Warna kantung hijau penuh
  2. Memiliki polong 2-3 di dalam kantung
  3. Tidak ada bintik hitam, lubang, atau busuk.

Keterampilan tersebut di atas dapat Anda pelajari dan kuasai secara gratis dengan mengikuti pelatihan di BLK Lembang dengan mendaftarkan diri Anda melalui link yang terhubung ke WhatsApp BLK Lembang klik bit.ly/daftarpelatihanBLKLembang.

 

blklembang edamame4 blk lembang sortasi edamame2 blk lembang sortasi edamame blk lembang edamame3 blk lembang edamame2 blk lembang edamame

Silahkan bagikan ke :