Kolaborasi Menyongsong Indonesia Maju 2020

(17 Desember 2019) Balai Latihan Kerja Lembang melaksanakan Kegiatan Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Kerja dan Industri (FKLPI) yang diiikuti oleh peserta dari unsur akademisi, DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dan perwakilan stakeholder dari unsur pemerintah daerah dan pusat. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi untuk mengatasi masalah utama ketenagakerjaan di daerah yang umumnya terhadap ‘mismatch’ antara supply dan demand tenaga kerja yang berdampak pada rendahnya produktivitas dan tingginya tingkat pengangguran.

Kegiatan FKLPI ini dimulai dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepahaman) dengan Universitas Padjajaran, Universitas Winayamukti, Universitas Nasional dan Universitas Islam Nusantara dengan harapan agar terjadi kerjasama dalam hal pengembangan program dan kurikulum pelatihan berbasis kompetensi di BLK Lembang dan juga kerjasama terkait narasumber pelatihan.

Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan, Kepala BLK Lembang menyampaikan bahwa untuk memastikan sinergitas, koordinasi lintas bidang, dan pencapaian target- target SDM, dibutuhkan kerja keras, komitmen dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan. Sehingga perlu dibangun ekosistem pelatihan yang terintegrasi dengan dunia usaha dan industry. Sesuai dengan tema kegiatan FKLPI yaitu “Membangun Ekosistem Pelatihan Kerja Dengan Industri Dalam Mewujudkan Indonesia Unggul, Indonesia Maju.”

Juga, dengan telah diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan No.128/PMK.010/2019, mengenai “Pemberian Pengurangan Penghasilan Bruto Atas Penyelenggaraan Kegiatan Praktik Kerja, Pemagangan, Dan/Atau Pembelajaran Dalam Rangka Pembinaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Tertentu”, BLK Lembang berharap terjadi kerjasama yang lebih masif dengan unsur DUDI sehingga terjadi simbiosis mutualisme dalam kerangka peningkatan SDM Indonesia.

Silahkan bagikan ke :