Sekilas tentang Skill Development Center Kab. Bandung Barat – Binaan BLK Lembang

WhatsApp Image 2019-05-18 at 19.05.12

Sekilas Tentang Skill Development Center (SDC) Kabupaten Bandung Barat.

SDC adalah sebuah Model, yang dikembangkan oleh BAPPENAS sebagai respon terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo untuk merevitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.

SDC memiliki Misi untuk mengatasi masalah Pengangguran Lulusan SMK, yang merupakan salah satu tantangan terbesar yang tengah dihadapi Kabupaten Bandung Barat.

Secara singkat dapat dijelaskan, mekanismenya sebagai berikut:

Dunia Industri di Kabupaten Bandung Barat (Sektor Manufaktur, Sektor Garmen, Sektor Pertanian, Sektor Jasa, Sektor Farmasi, Sektor Hotel, Perdagangan & Resto) dilakukan Mapping tentang Kebutuhan Tenaga Kerja sesuai dgn Okupasi yang diperlukan oleh Dunia Industri.

Lulusan SMK (Penganggur) mengikuti Pelatihan di Workplace yang memenuhi Persyaratan dengan Instruktur bersertifikasi BNSP.

Peserta Pelatihan setelah mengikuti Pelatihan dan dinyatakan telah Kompeten, akan diberi Sertifikat Kompetensi.

Peserta Pelatihan tsb, Wajib diterima bekerja oleh Dunia Industri , sebagaimana Permintaan Tenaga Kerja yang telah dilakukan sebelumnya oleh Dunia Industri dlm tahap Mapping .

Tantangan yang dihadapi saat ini oleh PEMKAB Bandung Barat adalah :

Bagaimana meningkatkan Daya Saing Tenaga Kerja serta Menurunkan angka Tingkat Pengangguran Terbuka, melalui upaya Peningkatan Partisipasi Angkatan Kerja.

Pendekatan kerjasama dgn melibatkan semua pemangku kepentingan di Kabupaten Bandung Barat.

SDC adalah sebuah Forum Komunikasi, Koordinasi dan Sinkronisasi yang melibatkan tiga unsur ABG sebagai pelaku utama yaitu :

1. Unsur Akademik atau Lembaga DIKLAT (SMK/BLK/LPK),

2. Unsur Dunia Usaha Dunia Industri (APINDO),

3. Unsur PEMKAB (Disnaker, Disdik, Disperin, serta OPD terkait lainnya).

Tiga unsur tersebut diarahkan untuk dapat berkoordinasi dalam mengatasi masalah utama ketenagakerjaan, yaitu : Pengangguran Lulusan SMK.

Kemudian, dlm menjawab ‘mismatch’  antara Supply dan  Demand  Tenaga Kerja, sehingga berdampak pada rendahnya produktivitas dan tingginya tingkat pengangguran.
#blklembang #skilldevelopment #vokasi #indonesiakompeten #pelatihan #wirausaha

cc : @KementerianKetenagakerjaanRepublikIndonesia