Pentingnya Vaksin Pada Ternak Unggas

Selamat pagi rekanaker….

Pentingnya Vaksin Pada Ternak Unggas

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah ini benar adanya, baik untuk manusia begitu pula dengan hewan ternak.

Tahukah Anda bahwa vaksinasi juga dibutuhkan untuk hewan ternak yang akan dibudidayakan.

Tidak hanya manusia, ternyata hewan juga sebaiknya divaksin untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang mungkin akan menyerangnya. Penyakit pada hewan ternak pasti menjadi masalah yang cukup memusingkan bagi para peternak.

Selain karena menurunnya tingkat produksi yang berimbas pada menurunnya tingkat pendapatan, hewan ternak yang sakit juga dapat menularkan penyakitnya kepada manusia yang mengonsumsinya dan lingkungan sekitarnya.

Selain harus menjaga kebersihan kandang, kebersihan hewan ternak, pakan yang sesuai untuk hewan ternak, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah pemberian vaksin yang sesuai dengan jenis hewan ternak.

Vaksinasi adalah pemberian antigen pada ternak untuk merangsang sistem kekebalan sehingga menghasilkan antibody khusus terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan protozoa.

Pemberian vaksin pada hewan ternak berfungsi:

  1. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh unggas agar tidak mudah terserang penyakit.
  2. Untuk mencegah penyebaran penyakit pada unggas.
  3. Pemberian vaksin untuk hewan ternak memiliki keuntungan seperti : peternak dapat menekan biaya, karena pemberian vaksin pada awal beternak lebih baik daripada mengobati hewan ternak yang sakit, Kesehatan unggas meningkat dan tidak menutup kemungkinan produksinya juga meningkat.

salah satunya adalah  VAKSIN ND-IB.
Vaksin ini termasuk dalam vaksin inaktif (mati/beku). Sebelum digunakan, vaksin perlu dilarutkan ke dalam larutan dapar untuk menaikkan suhu secara bertahap/thawing dan membangunkan agen infeksi yang dimati-surikan dalam keadaan kering beku. Isi setengah vial vaksin dengan larutan dapar dan kocok sampai tercampur rata. Tuangkan larutan vaksin ke dalam botol larutan dapar dan kocok hingga tercampur rata. Kemudian aplikasikan dengan cara meneteskan pada mulut/mata ayam.

Vaksin ND-IB sangat penting diberikan pada ayam sebagai bentuk pencegahan penyakit ND dan IB sehingga diharapkan selama pemeliharaan, ayam dapat hidup sehat dan produktivitasnya tinggi.

Keterampilan tersebut di atas dapat Anda pelajari dan kuasai secara gratis dengan mengikuti pelatihan di BLK Lembang dengan mendaftarkan diri Anda melalui link yang terhubung ke WhatsApp BLK Lembang klik bit.ly/daftarpelatihanBLKLembang.

source :

Velayati Nurrachma Rizqi, S.Pt.

edited :

Andrie Setiawan, S.Kom

 

WhatsApp Image 2019-10-29 at 06.18.02 WhatsApp Image 2019-10-29 at 06.18.01 WhatsApp Image 2019-10-29 at 06.18.00