Hewan Ruminansia

Hewan ruminWhatsApp Image 2019-11-05 at 07.44.05 (1)ansia adalah kelompok hewan mamalia yang bisa memah (memakan) dua kali sehingga kelompok hewan tersebut dikenal uga sebagai hewan memamah biak. Dalam sistem klasifikasi, manusia dan hewan ruminansia pada umumnya mempunyai kesamaan siri dari sistem pencernaan hewan ruminansia dan manusia. Ternak yang masuk dalam golongan ruminansia adalah diantaranya sapi, kambing, domba, rusa dan kerbau.

Ditinjau dari cara makan dan sistem pencernaannya, hewan ruminansia atau hewan memamah biak termasuk hewan yang unik. Mereka dapat mengunyah atau memamah makanannya yang berupa rerumputan melalui 2 fase. Fase pertama terjadi saat awal kali mereka makan, makanannya itu hanya dikunyah sebentar dan masih kasar. Mereka kemudian menyimpan makanannya itu dalam rumen lambung . Selang beberapa waktu saat lambung sudah penuh, mereka kemudian mengeluarkan makanan yang dikunyahnya tadi untuk dikunyah kembali hingga teksturnya lebih halus. Baru kemudian setelah halus, makanan tersebut masuk ke dalam rumen lambung lagi. Ruminansia adalah ternak besar pemamah biak yang memiliki 4 bagian lambung.

BLK Lembang mempunyai domba dan kambing sebagai perwakilan dari ruminansia.

Yuk tengok mereka di BLK Lembang.

Keterampilan tersebut di atas dapat Anda pelajari dan kuasai secara gratis dengan mengikuti pelatihan di BLK Lembang dengan mendaftarkan diri Anda melalui link yang terhubung ke WhatsApp BLK Lembang klik bit.ly/daftarpelatihanBLKLembang.

WhatsApp Image 2019-11-05 at 07.44.05 WhatsApp Image 2019-11-05 at 07.44.07 (1) WhatsApp Image 2019-11-05 at 07.44.07