Artemia Sebagai Salah Satu Pakan Alami dalam Pembudidayaan Ikan

Dalam usaha budidaya ikan ada dua kegiatan yang sangat penting yaitu pembenihan ikan dan pembesaran ikan. Pembenihan ikan memegang peranan penting dalam proses pengembangan usaha pembudidayaan ikan. Dan salah satu faktor penting dalam pembenihan ikan adalah ketersediaan pakan alami.

Artemia merupakan pakan alami yang banyak digunakan dalam usaha pembenihan ikan. Hal ini dikarenakan artemia memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan gizi benih ikan yang tumbuh sangat cepat. Artemia biasanya diperjualbelikan dalam bentuk Cyst (Kista), sehingga sebagai pakan alami Artemia merupakan pakan yang paling mudah dan praktis, karena hanya tinggal menetaskan kistanya saja. Akan tetapi, menetaskan kista Artemia bukanlah sesuatu hal yang mudah, sebab membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan tentang cara menetaskan kista artemia.

‚ÄĆKeterampilan tersebut di atas diajarkan oleh instruktur perikanan dalam pelatihan kejuruan perikanan di BLK Lembang. Hal ini dapat terlihat dari dokumentasi pelatihan yang ada di bawah ini. Adapun kegiatan penting yang perlu dilakukan sebelum menetaskan kista artemia adalah merekayasa lingkungan dengan memberikan garam, karena artemia biasanya hidup pada perairan yang asin. Selain itu, ada beberapa teknik yang juga perlu dikuasai agar kegiatan pembenihan dan pembesaran ikan dapat berlangsung dengan maksimal. Semua teknik ini dapat Anda pelajari dan kuasai secara gratis dengan mengikuti pelatihan di BLK Lembang dengan mendaftarkan diri Anda melalui link yang terhubung ke WhatsApp BLK Lembang klik bit.ly/daftarpelatihanBLKLembang.

Amankan seat Anda sekarang karena kuota peserta pelatihan terbatas!!!

 

blklembang perikanan artemiablklembang perikanan artemia3

Silahkan bagikan ke :