3 Perubahan Perilaku Konsumen

Hai Rekanaker….

Beberapa pekan ini kita sudah memasuki era new normal, yaitu era dengan kebiasaan baru, orientasi yang baru, dan pola pikir yang baru. Segala perubahan yang terjadi tentunya memberikan dampak bagi perkembangan bisnis, khususnya bagi UMKM. Yups, era new normal menuntut kita untuk semakin kreatif dan mau ga mau kudu ngikutin perubahan yang ada agar bisa tetap eksis.

Nah, kali ini mimin mau sharing 3 perubahan perilaku konsumen yang perlu Rekanaker perhatikan di era new normal

  1. Konsumen Menghindari Makan di Tempat dan Beralih ke Layanan Delivery

So, pastikan usahamu sudah terdaftar di beberapa platform layanan delivery atau kamu juga bisa menggunakan layanan delivery sendiri loh. Trend delivery ini semakin meningkat karena bergesernya pembelian produk dari yang sifatnya “keinginan” menjadi “kebutuhan”. Dengan demikian, pembelian berulang akan sangat mungkin terjadi, terlebih jika pelayanan yang kamu tawarkan membuat konsumen betah. Peluang mendapatkan pelanggan loyal sangat terbuka lebar.

2. Konsumen Milenial Menyukai Makanan Praktis

Makanan praktis berupa frozen food, bumbu siap pakai, dan sejenisnya menjadi favorit bagi mak emak milenial yang sebagian besar tidak terbiasa memasak. Tentunya ini menjadi peluang untuk kamu yang lagi bingung mau usaha apa.

3. Konsumen Semakin Selektif dalam Memilih Makanan

Imunitas tubuh menjadi isu yang tidak kalah penting seiring dengan merebaknya wabah covid 19. Konsumen berlomba-lomba meningkatkan imunitas tubuh mereka dengan berbagai obat-obatan herbal dan juga semakin selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. So, pastikan untuk selalu menggunakan bahan baku yang baik agar kualitas produk yang kamu hasilkan juga selalu terjaga yah.

Ketiga perubahan perilaku di atas  menuntut para pebisnis kuliner untuk terus berinovasi agar bisa beradapatasi dengan era new normal ini. Jangan kelamaan mengeluh dengan keadaan, kuy berubah menjadi lebih baik, karena kata pepatah, “ketika satu pintu tertutup, maka akan ada pintu lain yang terbuka. Hanya saja kita terlalu lama terpaku di depan pintu terutup itu sampai lupa melihat ada pintu lain yang terbuka lebar untuk kita.” Singkatnya mah selalu ada hikmah dan peluang bahkan di masa sulit sekalipun.

Cemungud Rekanaker…. Salam tumbuh dan salam berbahagia dari mimin.

Silahkan bagikan ke :